You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Angka DBD Tertinggi, Camat Cakung Grebek Jentik Nyamuk di Kelurahan Cakung Barat
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Camat Cakung Gerebek Jentik Nyamuk di Wilayah Cakung Barat

Aparatur kecamatan, kelurahan, kepala Puskesmas serta elemen masyarakat, melakukan aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah RT 03, 04, 05 RW 07 Kelurahan Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (30/4).

Ada jentik dan nyamuk DBD. Ini menjadi PR buat kita semua

Dalam kegiatan ini, Camat Cakung Fajar Eko Satrio bersama Kasudin Kesehatan Jakarta Timur Herwin Meifendy, Lurah Cakung Barat Rahmat Arief, Kepala Puskesmas Kelurahan Cakung  Barat Istika Rahma dan pejabat terkait lainnya, berkeliling ke pemukiman warga untuk membersihkan tempat yang dinilai bisa memicu  berkembang biaknya jentik nyamuk.

Eko mengatakan, gerebek sarang nyamuk ini dilakukan karena di wilayah RT 03, 04, 05 RW 07 Kelurahan Cakung Barat ini angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) cukup tinggi. Bahkan di wilayah tersebut dilakukan fogging atau pengasapan.

Anwar Ajak Jajarannya Tekan DBD Melalui Gerakan PSN 3M Plus

"Ada jentik dan nyamuk DBD. Ini menjadi PR buat kita semua," kata Fajar.

Dia mengungkapkan, dari hasil pendataan diketahui penderita DBD di wilayah ini didominasi anak-anak usia Balita dan sekolah. Karena itu, pihaknya mengajak warga untuk rutin melakukan PSN tiga kali sepekan dn setiap hari Minggu melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan.

"Antara nyamuk dan kebersihan lingkungan ada keterkaitan. Sebab jika tidak bersih maka nyamuk akan berkembang biak," tuturnya.

Sementara, Plt Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, Herwin Meifendy memprediksi, kasus DBD ini akan terus berlangsung hingga Juni mendatang. Sebab saat ini iklim di Indonesia yang sangat panas, memicu telur nyamuk gampang menetas ketika terkena air. Karena itu harus diantisipasi.

"Musim pancaroba ini harus diantisipasi bersama., Jika tidak cepat ditangani tentu fatal akibatnya," tukas Herwin.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat rutin melakukan PSN 3M plus. Dikatakan plus, sebagai tambahannya masyarakat bisa menanam pohon "pengusir" nyamuk jenis lavender atau memelihara ikan agar jentik nyamuk dimakan ikan.

"Sekolah juga harus didatangi dan cleaning service diingatkan untuk bantu meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah," lanjut Herwin.

Sementara, Lurah Cakung Barat, Rahmat Arief mengungkapkan, di wilayahnya sampai saat ini ada 63 kasus DBD. Dari jumlah tersebut, 16 kasus di antaranya berada di RW 07. Dimana di wilayah ini ada sekitar 5.000 KK yang tinggal di 18 RT. Pihaknya juga sudah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan PSN dan kerja bakti secara rutin

"RT / RW, LMK kader Jumantik dan unsur masyarakat lainnya  selalu diajak terus untuk PSN . Kita imbau waspadai vas bunga, tampungan air AC, dispenser, bak mandi, agar selalu diperhatikan. Pastikan tidak ada jentik nyamuk di sana," tandas Rahmat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2657 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2281 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1905 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1892 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1237 personAnita Karyati